Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI PENERUS BANGSA

Sabtu | Maret 13, 2021 WIB Last Updated 2021-04-17T18:21:01Z

 

"pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia" -Nelson Mandela-


Dari kata diatas, terlihat betul bahwa pendidikan merupakan salah satu hal terbesar dalam dunia. Karena tanpa pendidikan, kita bisa menjadi bodoh dan lugu. 

Lalu bagaimana kabarnya pendidikan di Indonesia? 


Pada tahun 2020 tepatnya pada bulan Maret, Indonesia sudah mulai menghadapi wabah virus yang sedang merebak di negara ini. Hal itu menyebabkan banyak pengaruh besar terhadap beberapa sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan.

Sektor pendidikan mengalami perubahan secara drastis semenjak terjadinya perubahan di era New Normal ini, sudah hampir satu tahun pendidikan di Indonesia melakukan sistem pembelajaran jarak jauh. 


Dengan sistem pembelajaran itu, siswa cenderung menganggap sepele tugas tugas dan materi yang diberikan oleh guru. Sebab, melalui pembelajaran yang dilakukan secara daring ini, guru tidak turun langsung memperhatikan setiap muridnya. Hal itulah yang menyebabkan kurang efektifnya Pembelajaran Jarak Jauh. 

Selain itu, sistem ini pun sulit bagi mereka yang tidak memiliki alat komunikasi seperti handphone dan alat komunikasi lainnya, dikarenakan sistem pembelajaran ini membutuhkan alat komunikasi yang mumpuni serta memadai.

Dengan demikian, sistem pembelajaran ini pun bisa menimbulkan dan membawa pengaruh negatif bagi siswa, terutama anak anak yang masih usia dini.  

Kebanyakan dari mereka, lebih banyak menghabiskan gadgetnya hanya untuk bermain game dan menstalking hal hal yang tidak jelas, daripada sekedar melihat tugas maupun mengerjakannya.


Oleh karena itu, rentang pendidikan di Indonesia kian menurun dan tidak produktifnya sistem pembelajaran masa kini. Karena tanpa adanya pendidikan, generasi muda Indonesia tidak dapat berkembang dan mengasah kemampuannya, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Dalam hal ini pula, peran orang tua maupun guru sangat dibutuhkan dalam mendidik dan mengajar kepada muridnya. Dengan memberikan pengawasan, dan konsultasi kepada siswa-siswinya. 


Selain masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan secara online ini, dengan sistem pembelajaran ini pun kita diajarkan untuk bisa memanfaatkan waktu dan gadget yang kita miliki. Berusaha untuk belajar produktif dan mandiri walaupun hanya dirumah saja. Namun tentunya, hal ini pun perlu untuk ditanggapi.

Bagaimana jadinya nanti para penerus bangsa Indonesia jika pendidikan sacara perlahan mulai mati hanya karena masalah penyebaran virus yang katanya masih merebak. Nyatanya, sudah banyak tempat wisata bahkan akses jalan yang sudah dibuka. Lalu, bagaimana dengan pendidikan? Apakah akan selamanya seperti ini?

Peran pemerintahlah yang dibutuhkan dalam hal ini. Untuk segera menanggapi dan menindaklanjuti keputusan pembukaan sekolah kembali yang dilakukan secara tatap muka. Agar para siswa dapat dengan mudah belajar dan juga bereksplorasi didunia sekolahnya.


ingat kata-kata ini?

"Beri aku sepuluh pemuda/i, maka akanku guncangkan dunia." -Ir. Soekarno- 

Artinya, Peran para pejuang generasi muda berperan penting terhadap bangsa. 


Tanpa pendidikan, kita tidak akan tahu apa itu pengetahuan, dan apa itu dunia.