Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rukun Islam dan Rukun Iman dalam kitab Safinatunnajah

Jumat | Maret 05, 2021 WIB Last Updated 2021-04-17T18:21:12Z

Seperti kitab-kitab fikih pada umumnya yang membahas tentang Rukun Islam (syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji) serta hal-hal pendukung tentang syarat sahnya ibadah kepada Allah, kitab Safinah An-Najah yang ditulis oleh Syekh Salim bin Samir Hadlrami juga membahas masalah fikih di atas. Lalu, apa bedanya dengan fikih-fikih karangan ulama lainnya, antara lain, Mabadi' al-Fiqhiyah karangan Imam Syafi'i, Taqrib karangan Abu Syuja', atau Sullam al-Taufiq karya Sayyid Abdullah Ba Alawi?

Secara prinsip memang tidak ada hal-hal yang berbeda. Kitab fikih yang ditulis Syekh Salim bin Abdullah bin Saad bin Samir (Sumair) Al-Hadlrami ini lebih simpel, praktis, dan singkat. Namun demikian, isinya cukup padat dan layak dijadikan rujukan setiap Muslim yang sudah mukallaf (orang yang terkena beban hukum). Selain itu, sebuah karya yang ditulis menunjukkan kualitas keilmuan yang dimiliki pengarangnya.

Kitab Safinah An-Najah yang ditulis Syekh Salim Bin Samir Hadlrami ini mengacu pada mazhab Syafi'i. Di dalamnya dibahas tentang Rukun Islam dan Rukun Iman (Iman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat, dan takdir yang baik dan buruk dari Allah).

Kitab Safinah memiliki judul lengkap Safinatun Naja Fiima Yajibu `ala Abdi Li Maulah (perahu keselamatan di dalam mempelajari kewajiban seorang hamba kepada Tuhannya). Kitab ini walaupun kecil bentuknya, manfaatnya sangat besar. Di setiap kampung, kota, dan negara hampir semua orang mempelajari bahkan menghafalkannya, baik secara individu maupun kolektif.

Waah sudah cukup yah sedikit pembahasan tentang Kitab safinah nya, saatnya kita belajar kitabnya, yuk disimak, 



RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN

Rukun Islam sama halnya dengan rukun iman yang merupakan prinsip-prinsip dan amalan yang harus diketahui dan dilakukan bagi seorang muslim. Apabila rukun iman dilakukan setelah anda mengimani ajaran agama islam, maka rukun islam justru harus anda lakukan agar menjadi seorang muslim yang sempurna. Kenapa bisa seperti itu?

Rukun islam dan rukun iman cukup berbeda, dimana rukun islam lebih banyak diwujudkan berupa gerakan dan perbuatan fisik. Sedangkan rukun iman cenderung diwujudkan melalui keyakinan hati dan perubahan pola pikir, dari yang belum mengenal islam, menjadi lebih mendalami dan memahami tentang islam. Artikel kali ini akan mengupas beberapa hal tentang rukun islam.


متن سفينة النجا في اصول الدين والفقه للشيخ العالم الفاضل : سالم بن سمير الحضرمي على مذهب الامام الشافعي


بسم الله الرحمن الرحيم


الحمد لله رب العالمين ، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين ،وصلى الله وسلم على سيدنا محمد خاتم النبيين ،واله وصحبه أجمعين ، ولاحول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ،



Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Segala puji hanya kepada Allah Tuhan semesta alam, dan kepadaNya jualah kita memohon pertolongan atas segala perkara dunia dan akhirat. Dan shalawat serta salamNya semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW Penutup para nabi, juga terhadap keluarga, sahabat sekalian. Dan tiada daya upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Perkasa.


Sepertinya sudah cukup mengenai Penjelasan Kitab Safinatunnajah nya, yuk kita langsung ke pembahasan Rukun Islam dan Rukun Iman dalam kitab Safinatunnajah, 


Dijelaskan didalam Kitab SAFINATUNNAJAH Bahwa, 

Rukun Islam ada lima perkara, yaitu:


فصل أركان الإسلام


(فصل) أركان الإسلام خمسة : شهادة أن لاإله إلاالله وأن محمد رسول الله وإقام الصلاة ، وإيتاء الزكاة , و صوم رمضان ، وحج البيت من استطاع إليه سبيلا .


1. Bersaksi bahwa tiada ada tuhan yang haq kecuali Alloh Subhaanahu wa Ta'aala dan Nabi Muhammad Sholalloohu 'Alayhi wa Sallam adalah utusanNya.

2. Mendirikan sholat (lima waktu).

3. Menunaikan zakat.

4. Puasa Romadhan.

5. Ibadah haji ke baitullah bagi yang telah mampu melaksanakannya.


Rukun Iman ada 6 Perkara, diantaranya:


فصل أركان الإيمان


(فصل ) أركان الإيمان ستة: أن تؤمن بالله ، وملائكته، وكتبه ، وباليوم الآخر ، وبالقدر خيره وشره من الله تعالى .


1. Beriman kepada Alloh Subhaanahu wa Ta'aala.

2. Beriman kepada sekalian Mala’ikat

3. Beriman dengan segala kitab-kitab suci.

4. Beriman dengan sekalian Rosul-rosul.

5. Beriman dengan hari kiamat.

6. Beriman dengan ketentuan baik dan buruknya dari Alloh Subhaanahu wa Ta'aala.

Bagaimana penjelasan secara rincinya setiap perkara? Pertanyaan itu mungkin muncul setelah membaca macam-macam Rukun di atas. 

Untuk penjelasan secara rincinya bisa kamu dapatkan lewat pengajian-pengajian Kitab yang ada di sekitar mu yah:) 

Yuk ngaji!