Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apakah Puasa Menurunkan Imunitas Tubuh? Ini penjelasan Ahli

Rabu | April 21, 2021 WIB Last Updated 2021-04-21T19:26:52Z

 

Bulan Suci Ramadhan 


Ini adalah hari ke-9 masyarakat muslim di dunia mejalani ibadah puasa di tengah masa pandemi.Masa pandemi Covid-19 memang menuntut kita untuk selalu menjaga imunitas tubuh, agar terhindar dari virus maupun penyakit.Kendati demikian, bagaimana imunitas tubuh kita ketika berpuasa? Apakah berpuasa dapat menurunkan imunitas tubuh? 

Pasalnya, ketika berpuasa selama kurang lebih 13 jam, tubuh tidak mendapat asupan makanan maupun minuman sebagai sumber energi.

Hal itu memang menyebabkan metabolisme tubuh mengalami perubahan. Di mana, biasanya tubuh menggunakan energi dari makanan yang dimakan selama 24 jam, sementara ketika puasa tubuh harus mencari sumber energi lain.


 3 Cara Menjaga Imunitas Tubuh Selama Berpuasa di Tengah Pandemi

1. Cukup tidur

Tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem imun. Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imun tetap terjaga. Sebaliknya, kurang tidur akan menurunkan sistem imun. Tidur yang cukup membantu imun tetap sehat

Tidur yang cukup mampu menjaga imunitas tubuh


Kurang tidur bisa membuat seseorang rentan terinfeksi patogen, seperti karena menurunnya proliferasi limfosit yang menjadi bagian dari sistem imun. Selain itu, tubuh juga melepaskan sejenis protein yang disebut sitokin hanya saat kita tidur. Sitokin berperan penting dalam sistem imun manusia untuk melawan infeksi.

Untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda, National Sleep Foundation menyebutkan orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimal 7-9 jam dalam satu hari.


2. Kendalikan stres

Beberapa orang mungkin tak mengira bahwa stres sebenarnya sangat berkaitan dengan sistem imun. Misalnya, stres jangka panjang dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel imun, serta memancing peradangan.

Ada banyak cara mengendalikan stres, seperti melakukan meditasi, berolahraga ringan, dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah. Jangan lupa untuk senantiasa terhubung dengan keluarga dan teman-teman Anda secara virtual, khususnya jika Anda hidup sendiri di tengah pandemi ini.

Stress dapat memicu ketidakseimbangan fungsi sel tubuh


3. Olahraga di rumah

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa latihan yang cukup (tak berlebihan) membantu proses regenerasi sel imun, serta mengurangi peradangan di tubuh. Ya, dalam menjaga sistem imun, latihan fisik tak perlu berlebihan dan harus disesuaikan dengan kemampuan diri.

Untuk latihan dengan intensitas sedang di rumah, salah satu yang bisa Anda lakukan Adalah dengan berjalan kaki mengelilingi pekarangan rumah. Ini merupakan salah satu cara menjaga imunitas tubuh dari virus corona yang wajib Anda lakukan.

Olahraga dapat meningkatkan imun dalam tubuh ketika berpuasa


Dan Kabar baiknya, tubuh kita sudah diciptakan sesempurna mungkin, ia dapat beradaptasi dalam segala hal.Sehingga, ketika tubuh tidak mendapatkan sumber energi dari makanan, ia akan mengambil cadangan energi dari tabungan yang ada di dalam tubuh.Cadangan ini bisa berasal dari protein yang ada di otot atau dari sel lemak. Perubahan cara kerja metabolisme inilah, yang membuat tubuh akan beradaptasi pada awalnya.


"Maka dari itu, di awal puasa memang akan terjadi penurunan imunitas," Meski demikian, dengan niat puasa yang kita niatkan sebelum berpuasa, tubuh akan mempersiapkan diri kita untuk dapat bertahan saat penurunan imun tersebut.


Bagaimana ini bisa terjadi?


Ternyata, ada penelitian bahwa ketika orang sudah mulai niat berpuasa, maka akan terjadi pengiriman niat tersebut lewat saraf yang akan melakukan persiapan terhadap tubuhnya, untuk dapat menahan penurunan imun tersebut.

"Hal ini akan membuat kita tetap terjaga dari sakit atau virus yang dapat menyerang tubuh,"


Penulis : Triana Wulandari

Editor   : Mega Della S.