Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Web Resmi Babelan Info, menyuarakan Kebenaran tanpa setingan

Iklan

Web Resmi Babelan Info, menyuarakan Kebenaran tanpa setingan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jangan Buang Kulit Telur Sembarangan! Ini Akibatnya!

Minggu | Desember 11, 2022 WIB Last Updated 2022-12-11T04:47:19Z

babelaninfo.com/tag/kesehatan
jangan buang dulu kulit telur mulai sekarang


Babelan Info - Apakah kamu tahu bahwa Kulit telur memang tidak umum untuk dikonsumsi. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsinya dengan menghaluskannya terlebih dulu. Manfaat kulit telur ternyata baik untuk kesehatan tubuh, terutama tulang, sendi, dan kulit.


Kebanyakan dari kita mungkin lebih memilih membuang kulit telur bukan? mulai sekarang, jangan buang kulit telur, karena dengan kulit telur, kesehatan mu akan meingkat, bagaimana caranya? Berikut ini beberapa manfaat kulit telur untuk kesehatan tubuh.


Gambar : ilustrasi manfaat kulit telur


1. Membantu memenuhi kebutuhan kalsium

Cangkang telur sebagian besarnya terbuat dari kalsium karbonat yang merupakan bentuk umum dari kalsium. Fakta ini membuatnya kerap dijadikan salah satu bahan pembuat suplemen kalsium.


Dalam satu gram kulit telur, terdapat sekitar 40% kalsium atau 380-400 mg. Oleh karena itu, mengonsumsi satu setengah kulit telur dianggap bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian individu dewasa yang setara dengan 1.000 mg per hari.


Tapi ingat, mengonsumsi kulit telur dengan tujuan untuk mendapatkan asupan kalsium tidaklah bisa dilakukan sembarangan. Tetap batasi konsumsinya dan pastikan kulit telur sudah sangat halus.


2. Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang, membuatnya keropos dan rentan patah apabila terbentur atau jatuh. Risiko terjadinya osteoporosis akan meningkat saat seseorang kekurangan kadar kalsium.


Mengonsumsi bubuk kulit telur bisa menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan kalsium sehingga tulang tetap kuat. Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause dengan osteoporosis yang mengonsumsi bubuk kulit telur bersamaan dengan vitamin D3 dan magnesium. Cara ini dapat memperkuat tulang mereka dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang.


3. Baik untuk sendi

Di bawah permukaan kulit telur, terdapat membran yang bisa terlihat saat Anda mengupas telur rebus. Lapisan tipis berwarna keruh sedikit bening ini, ternyata mengandung protein dalam bentuk kolagen yang baik untuk menjaga kesehatan sendi.


Meski begitu, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan peran kolagen pada membran kulit telur untuk kesehatan sendi.


4. Berpotensi mengobati jerawat

Pada penelitian yang dilakukan untuk melihat manfaat membran kulit telur, dilaporkan bahwa setelah diolah dengan cara tertentu, bahan ini dinilai efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri gram positif maupun negatif.


Bakteri-bakteri ini adalah penyebab berbagai gangguan kulit, termasuk jerawat. Oleh karena itu, membran kulit telur dianggap berpotensi dijadikan bahan baku produk kecantikan yang diperuntukkan untuk menghilangkan jerawat.


5. Menjaga kelembapan kulit

Di penelitian yang sama, membran kulit telur juga terbukti dapat menjaga kelembapan kulit dengan dengan menahan air di bawah permukaan kulit. Hal ini membuatnya dapat menurunkan tingkat kerusakan di kulit.


Cara memanfaatkan kulit telur untuk kesehatan

Kulit telur bisa dihancurkan dan dijadikan suplemen kalsium


Bagi Anda yang ingin menggunakan kulit telur sebagai suplemen kalsium, saat ini sudah tersedia banyak suplemen atau bubuk kulit telur yang dijual di pasaran. Pastikan Anda memilih yang jelas asal-usulnya dan memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Karena tidak akan mengubah rasa secara drastis, bubuk kulit telur bisa ditaburkan di atas makanan yang akan dikonsumsi. Anda juga bisa mencampurnya dengan air atau sari buah.


Perlu diingat untuk tidak sembarangan mengonsumsi suplemen kalsium yang terbuat dari cangkang telur. Lihat dan ikuti petunjuk penggunaan dengan baik.


Kelebihan kalsium di tubuh bisa memicu batu ginjal dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Sebelum mengonsumsi suplemen kalsium, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter demi menghindari ketidakcocokan suplemen yang dipilih dan kondisi tubuh saat ini.


Risiko menggunakan kulit telur sebagai bahan kesehatan

bisa menyebabkan sakit tenggorokan bila tidak halus


Apabila memutuskan untuk mengonsumsi kulit telur yang sudah diolah sendiri, pastikan Anda sudah menghancurkannya ke dalam bentuk bubuk yang mudah ditelan atau digunakan. Pasalnya, kulit telur berukuran besar bisa melukai bagian dalam rongga mulut dan tenggorokan apabila ditelan.


Selain itu, waspadai juga kemungkinan kontaminasi bakteri yang ada di kulit telur. Sama seperti isinya, bagian cangkang telur juga dapat disinggahi oleh bakteri Salmonella yang kerap menjadi penyebab keracunan makanan. Pastikan Anda sudah mencuci bersih dan memasak kulit telur yang akan digunakan untuk menghindari risiko terpapar bakteri.


Penulis : Vin

Sumber : Dokter